DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN INSTAGRAM @IQOMIC)

Ira, Asiatul Azizah (2023) DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN INSTAGRAM @IQOMIC). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ira Asiatul Azizah_Desain Grafis Sebagai Media Dakwah (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Iqomic).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Informasi dan komunikasi menjadi sangat penting terutama dalam berdakwah dan menginformasikan nilai-nilai Islam dari satu generasi ke generasi lainnya. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini banyak memunculkan inovasi-inovasi baru dalam bidang dakwah, Inovasi dakwah dapat dihadirkan melalui sosial media atau media masa berupa media gambar atau bentuk salah satunya melalui penggunaan desain grafis. Salah satu pemanfaatan desain grafis untuk kegiatan dakwah ada pada akun Instagram @Iqomic (Islamic Quote & Comic). Islamic Quote & Comic atau lebih dikenal dengan @Iqomic adalah sebuah tempat berkumpulnnya para pelaku dakwah visual di Indonesia. Desain grafis melalui Instagram menjadi salah satu peluang cukup efektif dalam menyampaikan pesan dakwah kepada mad’u. karenanya, pada penelitian ini akan dibahas bagaimana desain grafis di akun Instagram @Iqomic menjadi media dakwah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penelusuran, membaca dan mencatat, tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengkasifikasikannya, dan kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang ada untuk menghasilkan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang didapat, produk desain grafis yang dihasilkan untuk media dakwah pada akun Instagram @Iqomic berupa poster, quotes, dan komik strip serta video pesan dakwah. Desain grafis yang digunakan pada konten akun @Iqomic menggunakan prinsip kesederhanaan, balance atau keseimbangan, penekanan, dan irama. Unsur tipografi lebih mendominasi pada desain dengan tujuan untuk mempermudah penyampaian pesan. Selain memperhatikan pengemasan pesan dakwah melalui desain grafis, @Iqomic menggunakan parameter seperti timeliness (kebaruan atau relevan dengan waktu yang sedang berlangsung), posting konten secara konsisten, melakukan repost konten-konten menarik, dan memberikan reward kepada kontributor berupa Generated Content (UGC) dan berkolaborasi serta media partner. Selain itu, konten-konten yang dihadirkan juga menjadi suatu fenomena umum atau mewakili fenomena yang terjadi dimasyarakat. Kata kunci: Dakwah, Media Dakwah, Desain Grafis, Instagram, Islamic Quote & Comic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Media Dakwah, Desain Grafis, Instagram, Islamic Quote & Comic
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ira Asiatul Azizah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:50
Last Modified: 27 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20750

Actions (login required)

View Item View Item