Oktafianingsih, Susanti (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Oktafianingsih Susanti_ Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Pembelajaran di Kelas IV MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan bertanya merupakan proses pembelajaran yang dilakukan antara guru dan siswa yang bertujuan untuk memunculkan interaksi tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru kelas IV dan siswa kelas IV. Hasil penelitian tentang keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran di kelas IV MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto, yaitu: Penguatan dari guru dan penguatan dari siswa. 1) Penguatan dari guru terdapat beberapa kendala meliputi penerapan komponen dasar yang telah disampaikan oleh guru belum diterapkan oleh semua siswa, penyampaian materi yang guru sampaikan terlalu lembut, terbatasnya materi yang disediakan dalam buku pegangan guru dan penggunaan media dalam pembelajaran belum dilaksanakan dengan baik karena masih sering menggunakan media ceramah. 2).Penguatan dari siswa terdapat kendala yang dialami yaitu siswa masih sulit memahami kalimat tanya bagaimana, kondisi kelas yang ramai, ingin bertanya jika diberi reward, komponen yang diterapkan baru pemberian waktu berfikir, kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat, malu untuk menyampaikan pertanyaan dan malas untuk bertanya karena bingung untuk membuat pertanyaan. Kata Kunci: Keterampilan bertanya, siswa, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan bertanya, Siswa, Pembelajaran |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Oktafianin Susanti sdri |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20749 |
Actions (login required)
View Item |