MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Munsiasih, Asih (2023) MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Repository Munsiasih.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

MI Istiqomah Sambas Purbalingga sebagai lembaga pendidikan yang eksistensinya masih berlangsung hingga saat ini. Lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungan Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas (LPIS). Hal itu tidak terlepas dari peran hubungan masyarakat yang berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi mengenai MI Istiqomah Sambas kepada masyarakat. Salah satu bentuk luaran dari adanya peran hubungan masyarakat dalam menjalankan fungsi manajeman nya adalah dengan adanya brand image sebagai madrasah unggul, model dan Islami yang ada ditengah-tengah masyarakat. Bilamana MI Istiqomah Sambas tidak memiliki image yang baik tentu akan berpengaruh terhadap keberlangsungan penyelenggaran pendidikan. Karena saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam lembaga pendidikan tentu harus disikapi dengan strategi- strategi dalam meningkatkan brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan post positivisema, dan merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Berdasarkan pengumpulan data serta analisis data, hasil penelitian ini bahwa humas pada di MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah menjalankan fungsi manajemen sesuai dengan prosedur yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring evaluasi. Hal tersebut relevan dengan teori George R. Terry. Pada tahap perencanaan humas langkah-langkahnya adalah analisa SWOT, menentukan tujuan, merumuskan program, analisa visi misi madrasah, menentukan prioritas program. Pada tahap pengorganisasian langkah-langkahnya adalah membuat struktur kedudukan humas di madrasah, menentukan tim humas beserta job desnya, membuat surat tugas, memetakan program humas, melakukan rapat koordinasi. Pada tahap pelaksanaan langkah-langkahnya adalah melakukan komunikasi, publikasi dan motivasi. Sedangkan pada tahap pengevaluasian langkah-langkahnya adalah mengevaluasi dengan melihat dua aspek yaitu tingkat ketercapaian program dan efektifitas efisiensi program. Manajemen humas telah menghantarkan MI Istiqomah Sambas sebagai madrasah yang memiliki brand image madrasah unggul, model dan Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, Brand Image, MI Istiqomah Sambas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsiasih Munsiasih sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:33
Last Modified: 28 Jul 2023 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item