STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI MA'ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Nourma, Okvionila (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI MA'ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NOURMA OKVIONILA_STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI MA'ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui macam strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter siswa MI Ma’arif NU Kedungwringin dan untuk mengetahui karakter apa saja yang dapat terbentuk setelah dilakukannya strategi-strategi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter siswa MI Ma’arif NU Kedungwringin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali sumber informasi yang menjadi topik bahasan penelitian.Setelah melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi didapati bahwa karakter merupakan sifat yang sudah melekat pada diri seseorang.Para siswa di MI Ma’arif NU Kedungwringin memiliki karakter dasar yang melekat pada dirinya seperti, religius, tanggungjawab, dan disiplin.Tetapi masih ada siswa yang belum menanamkan karakter-karakter dasar sebagai seorang siswa, pada penelitian ini didapati dua peran yang merupakan bagian dari strategi guru dalam membentuk karakter siswa. Pertama, guru sebagai agen pembentuk karakter siswa, strategi yang digunakan meliputi: 1) Mengawali pembelajaran dengan berdoa 2) Menciptakan ruang kelas dengan kasih sayang 3) Mengecek kerapihan siswa 4) Mengingatkan siswa melalui keteladanan. Kedua, pembiasaan sekolah sebagai pembentuk karakter siswa, meliputi: 1) Upacara bendera 2) Shalat dhuha dan pembacaan surah ar-rahman 3) Senam pagi 4) Simaan Al-Qur’an 5) Ekstrakurikuler 6) Sehari berbudaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, karakter, siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NOURMA OKVIONILA sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:48
Last Modified: 27 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item View Item