PERAN DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PETANI MELALUI PROGRAM KETAHANAN PANGAN DAN KEMANDIRIAN EKONOMI PEDESAAN BERBASIS PERTANIAN

Ibnu, Katsir (2023) PERAN DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PETANI MELALUI PROGRAM KETAHANAN PANGAN DAN KEMANDIRIAN EKONOMI PEDESAAN BERBASIS PERTANIAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IBNU KATSIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Ketahanan Pangan Dan Kemandirian Ekonomi Pedesaan Berbasis Pertanian yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Dalam Meningkatkan Ekonomi Petani. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Dompet Dhuafa dalam meningkatkan ekonomi petani dan mengetahui prinsip-prinsip ekonomi syariah yang digunakan selama program berlangsung. Dompet Dhuafa berperan penting dalam pemberian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti sebagai fasilitator dimana Dompet Dhuafa memberikan pengarahan dan bimbingan terhadap para mustahik. Fasilitas atau modal yang di berikan oleh Dompet Dhuafa kepada masyarakat itu sangat membantu dalam mengembangkan usaha pertanian masyarakat dan dapat mensejahterakan masyarakat Desa Rejamulya. Dan Dompet Dhuafa dalam meningkatkan ekonomi pertanian melalui program ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi pedesaan berbasis pertanian sudah sangat sesuai dengan atuarn agama dalam hal ekonomi syariah, semua aspek tergabung di dalamnya dari prinsip ketauhidan, kemaslahatan dan ta’awun semuanya sudah sesuai dengan ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan, Petani, Ekonomi Syariah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Depositing User: Ibnu Katsir
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:43
Last Modified: 26 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item