OPTIMALISASI KINERJA UPZIS (UNIT PENGELOLA ZAKAT INFAK SEDEKAH) DALAM FUNDRAISING ZAKAT INFAK SEDEKAH DI NU CARE LAZISNU CILACAP

TUTI, ALAWIYAH AZZAHRA (2023) OPTIMALISASI KINERJA UPZIS (UNIT PENGELOLA ZAKAT INFAK SEDEKAH) DALAM FUNDRAISING ZAKAT INFAK SEDEKAH DI NU CARE LAZISNU CILACAP. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _TUTI ALAWIYAH AZZAHRA_1917204030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fundraising adalah kegiatan yang sangat penting bagi jalannya roda operasional suatu lembaga agar dapat mencapai maksud dan tujuan. Kegiatan fundraising ini merupakan salah satu kegiatan utama dari pengelolaan yang ditunjukkan untuk membantu mensejahterakan umat, meningkatkan harkat sosial dan mengurangi kemiskinan maka dari itu fundraising dana harus dilakukan dengan optimal. Untuk melakukan fundraising dana yang optimal maka diperlukan strategi dan kinerja yang baik. NU Care LAZISNU membentuk UPZIS dalam melakukan strategi fundraising. Hasil dari kinerja UPZIS dalam fundraising dana ZIS di NU Care LAZISNU Cilacap dapat dikatakan sudah cukup baik dan NU Care LAZISNU Cilacap telah mendapat banyak penghargaan salah satunya pada tahun 2022 yaitu penghargaan yang diberikan oleh KEMENAG kabupaten Cilacap sebagai LAZ terbaik dan responsif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi kinerja UPZIS dalam fundraising dana ZIS dalam mencapai tujuan yang telah di targetkan oleh lembaga dan kendala yang dialami. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan optimalisasi kinerja UPZIS dalam fundraising dana ZIS di NU Care LAZISNU Cilacap menggunakan beberapa indikator seperti mencapai target, pengelolaan yang baik, program tepat sasaran dan pelaporan.Adapun kendala yang dialami dalam fundraising dana ZIS yaitu adanya UPZIS yang masih kurang aktif dalam kinerjanya dan petugas lapangan yang kurang disiplin dalam menjemput dan melaporkan dana. Selain itu kendala yang di alami dalam fundraising dana ZIS yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam berzakat, berinfak dan bersedekah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Kinerja UPZIS, Zakat, Infak, Sedekah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tuti Alawiyah Azzahra sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:22
Last Modified: 27 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20726

Actions (login required)

View Item View Item