ANALISIS HURUF JAR DAN MAKNANYA DALAM SURAT AL-FATH DAN ALTERNATIF METODE PEMBELAJARANNYA

M. Sofwan, Nazidul M (2023) ANALISIS HURUF JAR DAN MAKNANYA DALAM SURAT AL-FATH DAN ALTERNATIF METODE PEMBELAJARANNYA. Skripsi thesis, UIN Shaizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi M. Sofwan Nazidul M-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci berbahasa Arab yang mengandung hikmah. Al-Qur’an memiliki 114 surat dan memiliki ayat sebanyak 6236. Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap orang islam. Kebanyakan orang hanya membaca al-Qur’an saja tanpa mempelajari kaidah-kaidah nawu untuk bisa menggali makna-makna Al-Qur’an yang terkandung. Salah satu kaidah yang banyak dijumpai adalah susunan jar-majrur. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana analisis huruf jar dan maknanya dalam al-Qur’an surat Al-Fath dan bagaimana metode pembelajaran dalam materi nahwu di tingkat Madrasa Aliyah setelah mengetahuui analisis huruf jar dalam surat al-Fath dan makna yang terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk data primer adalah ayat al-Qur’an surat al-Fath yang berjumlah 29 ayat. Teknik analisis yaitu dengan mengamati ayat yang kemasukan huruf jar. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa ada 72 huruf jar dalam surat al-Fath. Peneliti menganalisis setiap huruf jar dan makna yang terkandung dalam huruf jar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis huruf jar, surat al-fath
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mohammad Sofwan sdr
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:33
Last Modified: 27 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20717

Actions (login required)

View Item View Item