IMPLEMENTASI PERMENDAG NO 49 TAHUN 2022 TENTANG TATA KELOLA PROGRAM MINYAK GORENG RAKYAT PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus Purbalingga)

Shofwatul, Adzro (2023) IMPLEMENTASI PERMENDAG NO 49 TAHUN 2022 TENTANG TATA KELOLA PROGRAM MINYAK GORENG RAKYAT PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SHOFWATUL ADZRO_IMPLEMENTASI PERMENDAG NO 49 TAHUN 2022 TENTANG TATA KELOLA PROGRAM MINYAK GORENG RAKYAT PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok. Melonjaknya harga minyak goreng di awal tahun 2022 ditangani pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 49 tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat. Meskipun sudah ada regulasi tersebut, dalam implementasinya masih terdapat pedagang yang menerapkan tidak sesuai dengan permendag tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Permendag Nomor 49 tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat di Purbalingga dan analisis mas}lah}ah terhadap implementasi kebijakan Permendag Nomor 49 tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat di Purbalingga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Purbalingga tepatnya Pasar Bobotsari, Pasar Bukateja, Pasar Segamas Purbalingga, dan Dinperindag. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan implementasi kebijakan Permendag Nomor 49 Tahun 2022 di Purbalingga belum terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan terdapat pedagang yang tidak tau, atau tau tetapi tetap melanggar dengan tidak menerapkkan HET sebagaimana yang telah diatur. Para pedagang yang tidak menerapkan HET sesuai dengan Permendag tersebut, dikarenakan beberapa kendala, seperti pasokan dan harga eceran yang sudah tinggi dari pihak sebelumnya. Terkait hal itu pihak Dinperindag melakukan pengawasan yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan kepada pasar. Analisis terhadap Implementasi kebijakan Permendag Nomor 49 tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat di Purbalingga berkaitan erat dengan ma}slah}ah. Adanya Permendag Nomor 49 Tahun 2022 dapat dikategorikan sebagai mas}lah}ah ‘a>mmah yang menyangkut kepentingan banyak orang sebab memberikan kepastian dan perlindungan bagi penjual maupun pembeli. Bagi pembeli Permendag Nomor 49 Tahun 2022 guna menghindari lonjakan harga yang sangat tinggi sedangkan bagi penjual guna mencegah persaingan dagang yang tidak sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, HET, maslahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Shofwatul Adzro sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:18
Last Modified: 26 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item