PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs AL-MUKARROMAH KARANGJATI SAMPANG CILACAP

LILI, RAHMAWATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs AL-MUKARROMAH KARANGJATI SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Lili Rahmawati_Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs Al-Mukarromah Karangjati Sampang Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari suatu persoalan dalam kegiatan belajar mengajar di MTs Al-Mukarromah Sampang dimana peserta didik memiliki minat yang rendah terhadap pembelajaran bahasa Arab. Dalam hal ini, penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media tentu akan mendorong semangat belajar dan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Al-Mukarromah Karangjati Sampang Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data-data dalam penelitian disajikan dalam bentuk teks naratif. Dalam memperoleh informasi dan mengumpulkan data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Al-Mukarromah Sampang terdiri dari tiga tahapan pembelajaran yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dalam tahap perencanaan, guru terlebih dahulu melakukan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran diantaranya menyusun tujuan pembelajaran, mempersiapkan materi pembelajaran beserta media gambar yang akan digunakan. Pada tahap pelaksanaan, guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam. Selanjutnya, penyajian materi pembelajaran bahasa Arab dalam kegiatan inti dilakukan dengan menggunakan media gambar yaitu dengan memperlihatkan satu per satu gambar yang menunjukkan kosakata sesuai dengan materi yang disampaikan. Untuk kegiatan penutup, guru menyimpulkan hasil proses pembelajaran dan secara bersama-sama dan menutup dengan do’a dan salam. Sedangkan tahap evaluasi digunakan guru untuk mengukur keberhasilan pembelajaran bahasa Arab dengan melakukan penilaian berupa tes tertulis dan tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Arab, Penggunaan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Lili Rahmawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:52
Last Modified: 27 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item View Item