Internalisasi Karakter Kemandirian Dalam Pembelajaran di TK Islam Al-Fattah Sumampir

Zulfa, Saadah (2023) Internalisasi Karakter Kemandirian Dalam Pembelajaran di TK Islam Al-Fattah Sumampir. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zulfa Saadah_Internalisasi Karakter Kemandirian Dalam Pembelajaran di TK Islam Al-Fattah Sumampir.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Internalisasi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang melalui latihan tanpa paksaan, definisi ini berarti internalisasi terjadi secara sadar, membentuk kebiasaan dalam diri seseorang. Dan Karakter kemandirian merupakan kemampuan seorang untuk memenuhi kebutuhan sendiri dengan usaha sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Karakter mandiri mengacu dan mendorong seseorang untuk memecahakan sesuatu atau persoalan dalam dirinya sendiri, sehingga termotivikasi untuk berinisiatif, berkreasi, berinivatif, bekerja keras, karakter kemandirian adalah sesuatu yang difungsikan untuk mengarahkan mengendalikan sikap yang tidak bergantung pada orang lain. Berdasarkan diatas dapat disimpulkan bahwa karakter kemandirian adalah sikap dan perilaku seseoran g tanpa tergantung pada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana internalisasi karakter kemandirian di TK Islam Al-fattah Sumampir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian: kepala sekolah dan guru TK Islam Al-Fattah. Objek penelitian: internalisasi karakter kemandirian dalam pembelajaran anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan: teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu dengan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter kemandirian anak sangat penting untuk dikembangkan, terdapat beberapa tindakan yang di lakukan guru dalam pembelajaran agar karakter tersebut bisa semakin meningkat. Beberapa diantarannya adalah memberikan motivasi dan bimbingan saat pembelajaran dengan kegiatan membereskan mainan setelah pembelajaran,melakukan kegiatan sendiri, memilih kegiatan sendiri dan memperkenalkan kegiatan seperti morning circle untuk membantu mengembangkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Karakter Kemandirian dalam Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Depositing User: Zulfa Sa’adah
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:10
Last Modified: 25 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item