PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS II MADRASAH INKLUSIF MI MA'ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Juwita, Fani Arizki (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS II MADRASAH INKLUSIF MI MA'ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Juwita Fani Arizki_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIKELAS II MADRASAH INKLUSIF MI MA'ARIF NU CIBEREM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat dipandang sebagai suatu sistem artinya suatu keseluruhan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi satu sama lain demi mencapai tujuan pembelajarn yang telah ditetapkan. Dalam hal ini media pembelajaran dapat dijadikan salah satu komponen pembelajaran yang dimanfaatkan sebagai alat untuk menarik perhatian peserta didik sehingga perhatian terpusat pada pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penggunaan media pembelajaran adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di kelas II madrasah inklusif MI Ma’arif NU Ciberem. Jenis penelitian lapangan atau field research dan juga menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan kedalam bentuk deskriptif analisis. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah Flashcard Huruf, Balok huruf dan puzzle stick 3d. proses penggunaan media pembelajaran dikelas II MI Ma’arif NU Ciberem melalui tiga tahapan yaitu Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus guru menentukan media yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dibahas dan setelah itu membuat dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media yang telah disesuaikan dengan materi pembahasan. Pada tahap evaluasi guru menggunakan teknik tes lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Madrasah Inklusif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: JUWITA FANI ARIZKI sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:52
Last Modified: 25 Jul 2023 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item