UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI BACA MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV MI DEWI MASYITHOH 02 BANYUMUDAL MOGA PEMALANG

Riana, Khomisatun Khasanah (2023) UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI BACA MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV MI DEWI MASYITHOH 02 BANYUMUDAL MOGA PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Riana Khomisatun Khasanah_Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Baca Melalui Progra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi baca merupakan suatu kecakapan dasar yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh setiap orang, khususnya bagi para siswa sejak usia dini. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik. Di dalam peraturan tersebut terdapat program Gerakan Literasi Sekolah yang dimaksudkan untuk membangun minat baca siswa dan juga membiasakan siswa untuk memiliki budaya literasi yang baik sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan budaya literasi baca pada siswa kelas IV MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal melalui program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan B MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kemudian untuk teknik uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu berupa triangulasi sumber dengan cara menguji keabsahan dan kevalidan data dari satu informan dengan informan yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan mencakup penerapan program pembiasaan membaca buku bacaan sebelum pembelajaran dimulai, membaca asma’ul husna, membaca sholawat, menghafal juz amma, pengadaan sudut baca, posterisasi, dan pengadaan pohon literasi yang ada di kelas. Pelaksanaan program literasi tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, di mana tahap pertama dilakukan dengan kegiatan membaca asma’ul husna dan sholawat yang dilakukan di halaman sekolah. Kemudian tahap kedua dilaksanakan dengan membaca jus amma dan melakukan pembiasaan 15 membaca sebelum pembelajaran dimulai. Dengan adanya program tersebut, dampak yang dirasakan yaitu adanya peningkatan kebiasaan membaca siswa dan terbentuknya budaya literasi baca pada para siswa. Kata Kunci : Meningkatkan, Budaya Litersi Baca, Gerakan Literasi Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Meningkatkan, Budaya Litersi Baca, Gerakan Literasi Sekolah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riana Khomisatun Khasanah
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:49
Last Modified: 25 Jul 2023 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item