IMPLEMENTASI PROGRAM IMTAQ BAGI ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 118 BENTUL KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Fitri, Prasetyani (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM IMTAQ BAGI ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 118 BENTUL KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITRI PRASETYANI_IMPLMENTASI PROGRAM IMTAQ BAGI ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 118 BENTUL KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK:Program Imtaq merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada diri seseorang untuk menjadi insan yang mulia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan terkait dengan Implementasi Program Imtaq dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung program Imtaq bagi Anak Usia Dini di TK Diponegoro 118 Bentul Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian yang diambil yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi TK Diponegoro 118 Bentul. Sedangkan objek penelitiannya adalah Implementasi Program Imtaq bagi Anak Usia Dini di TK Diponegoro 118 Bentul. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang diambil menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menerangkan terkait dengan implementasi program Imtaq bagi anak usia dini. Program Imtaq dilaksanakan di sekolah terdiri dari Bentuk-bentuk program Imtaq terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan harian, tahapan mingguan, tahapan tahunan. Metode yang digunakan dalam program yaitu metode bernyanyi, keteladanan, pemberian tugas, bercerita, dan tanya jawab. Suksesnya program itu terdapat faktor pendukung yaitu adanya fasilitas yang memadai dan rasa semangat anak, sedangkan untuk faktor penghambat dalam pembelajaran itu kondisi kelas yang kurang kondusif dan perlunya bimbingan kepada anak usia dini. Kata Kunci: Implementasi, Imtaq, Anak Usia Dini. ABSTRACT:The Imtaq Program is an activity that aim to increase one’s faith and piety to become a noble human being. The research conducted aims to describe the Impementation of the Imtaq Program and describe the Inhibiting and supporting factors of the Imtaq Program for Early Childhood in Kindergarten Diponegoro 118 Bentul Kebasen District Banyumas Regency. The research method used is descriptive qualitative with the type of field research. The research subject taken were school principal, teachers, and students of Kindergarten Diponegoro 118 Bentul. Data collection techniques were carried out using interview, observation, and documentation. Data analysis techniques were taken using data reduction, data display, data conclusion. The results of this research explain the Implementation of the Imtaq Program for early childhood. The Imtaq program Implemented in school consist of Imtaq program from which are divided into three stage, namely daily stage, weekly stage, and annual stage. The method used in program are singing, exemplary, giving assignments, telling storie, and asking and answering questions. The success of program has supporting factor, namely adequate facilities and a sense of enthuasiam for children, while the inhibiting factor in program are class conditions that are lwss conducive and the need for guidance for early childhood. Keyword: Implementation, Imtaq, early childhood.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Imtaq, Anak Usia Dini
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fitri Prasetyani sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:52
Last Modified: 26 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item