POLA PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN INSAN KAMIL TANJUNG PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS

Dea, Ananda (2023) POLA PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN INSAN KAMIL TANJUNG PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEA ANANDA NUR FAJAR_POLA PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN INSAN KAMIL TANJUNG PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan agama islam yang bertujuan untuk menguasai ilmu agama Islam secara detail, serta mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian dengan menekankan pentingnya moral dalam kehidupan bermasyarakat. Maka perlu adanya pembentukan perilaku sosial dan pentingnya pengembangan sikap sosial tersebut. Pembentukan perilaku sosial santri disini melalui pembelajaran dan berbagai bentuk kegiatan yang ada di pondok pesantren dan di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti lebih jauh tentang Pola Pembentukan Perilaku Sosial Santri di Pondok Pesantren Insan Kamil Tanjung Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembentukan perilaku sosial santri di pondok pesantren sangat penting. Di dalam nya membentuk perilaku tasamuh atau sikap saling menghormati dengan sesama, sikap tawazun merupakan sikap yang berorientasi pada keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan umum/di masyarakat, sikap tawassuth yang menggambarkan dimana dirinya mampu memposisikan dengan lingkungan masyarakat, dan sikap ta’awun tolong menolong dengan sesama. Adapun metode pembentukannya melalui pembiasaan, keteladanan, punishment, dan peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Perilaku Sosial, Pondok Pesantren, Santri.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Ananda Nur Fajar sdr
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:38
Last Modified: 28 Jul 2023 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item