IMPLEMENTASI METODE QIRO'ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA DINI DI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA

Ifadah, Ifadah (2023) IMPLEMENTASI METODE QIRO'ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA DINI DI TPQ BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
perbaikan skripsi ifadah 1917406033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Bustanu Usysyaqil Qur’an Lesmana yang dimulai pada usia 3 tahun ini memiliki keunikan tersendiri dalam pelaksanaanya. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian kualitatif melalui metode analisis deskriptif yakni menjabarkan atau menggambarkan berbagai fenomena di TPQ BUQ yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana penerapan atau implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi anak usia dini di TPQ Bustanu Usysyaqil Qur’an. Hasil dari penelitian ini yakni TPQ BUQ telah menerapkan metode Qira’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an. TPQ BUQ Menerapkan sistem daftar tunggu maksimal usia 2 tahun 10 bulan jadi lembaga tidak menerima pendaftaran anak usia lebih dari 3 tahun karena pembelajaran akan dimulai dari usia minimal 3 tahun. Anak yang terdaftar di TPQ BUQ maka dengan otomatis akan melanjutkan jenjang roudhotul athfal dan sekolah dasar di yayasan Bustanu Usysyaqil Qur’an tersebut. Pembelajaran dilaksanakan sehari sebanyak dua kali yakni pagi dan sore dengan rata-rata waktu 1 jam 15 menit. Pengelompokan kelas tidak berdasarkan usia tetapi berdasarkan tingkat kemampuan anak dalam mengaji di TPQ BUQ menggunakan metode Qira’ati. Dalam metode Qira’ati sendiri memiliki beberapa tingkatan yakni jlid pra TK, jilid I, jilid II, jilid III, jilid IV, jilid V, juz 27, jilid VI, Al-Qur’an, ghorib, dan tajwid. Setiap jilid memiliki materi yang sifatnya bertahap yakni dimulai dari mengenalkan huruf satu persatu hingga memahami hukum bacaan tajwid dalam Al-Qur’an. Pembelajaran bagi anak usia 3 tahun tersebut diawali dengan jilid pra TK. Selain jilid, media pembelajaran lain yang digunakan adalah buku materi tambahan yang materinya berbeda-beda setiap jilidnya. Materi tambahan yang diberikan berupa hafalan surat pendek, do’a harian, bacaan shalat, dan lain-lain. Ada juga peraga kelas yang digunakan sebagai media guru dalam menerangkan dan memberi contoh cara membaca yang benar. Evaluais dilakukan dalam tiga tahap yakni evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi kelulusan Qira’ati. Kata kunci : implementasi, pmbelajaran Al-Qur’an, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pmbelajaran Al-Qur’an, anak usia dini.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ifadah Ifadah sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:17
Last Modified: 25 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20678

Actions (login required)

View Item View Item