PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MI MA'ARIF NU 02 BANTARBARANG PURBALINGGA

Adinda, Wulandari (2023) PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MI MA'ARIF NU 02 BANTARBARANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Adinda Wulandari_pengaruh metode card sort terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VI di MI Ma'arif NU 02 Bantarbarang Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode card sort terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif NU 02 Bantarbarang Purbalingga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain penelitian Nonequivalentcontrol group design pretes-posttes. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu dipilih kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana dan uji Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh metode card sort terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif NU 02 Bantarbarang. Hal tersebut ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen yaitu 79,40 sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol 75,40, terdapat selisih peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 4. Hasil uji hipotesis regresi linier sederhana diketahui nilai sig. P-value < α yaitu 0.000 < 0.05 yang berarti variabel X (Metode Card Sort) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Selanjutnya hasil hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test program SPSS versi 23 yaitu memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Serta diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 8,448 > 2,010 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode card sort terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode card sort, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adinda Wulandari sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:28
Last Modified: 25 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item