EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 3 MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Devi, Nurlaeli (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 3 MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEVI NURLAELI_EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 3 MI MA’ARIF NU PASUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode talking stick adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan bantuan tongkat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah metode talking stick dan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B MI Ma’arif NU Pasunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan tes yang berupa pretest dan posttest. Analisis datanya menggunakan uji Mann-Whitney dan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat dari uji Mann-Whitney dan N-Gain Score yang memperoleh nilai memperoleh nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0.005 < 0.05 untuk minat belajar siswa dan Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil belajar siswa. Dalam uji N-Gain Score dimana memperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 0.8333 terhadap minat belajar dan memperoleh rata-rata sebesar 0.9214. Dimana memiliki arti terdapat peningkatam minat dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran talking stick dengan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. Kemudian untuk melihat peningkatan minat dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, maka dilakukan uji-t, memperoleh rata-rata sebesar 49,6 sebelum perlakuan dan rata-rata 48,9 setelah adanya perlakuan dengan nilai sig.0.001<0.005 untuk minat belajar, dan memperoleh rata-rata sebesar 5,9 sebelum perlakuan dan memperoleh rata-rata 9,6 setelah diberikan perlakuan dengan nilai sig.0.001<0.005 terhadap hasil belajar. Kata kunci : Talking Stick, Minat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Minat, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Nurlaeli sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:15
Last Modified: 25 Jul 2023 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20674

Actions (login required)

View Item View Item