INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI KEGIATAN KEISLAMAN PESERTA DIDIK KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Sekar Salsabila, Nur Fajria (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI KEGIATAN KEISLAMAN PESERTA DIDIK KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sekar Salsabila Nur Fajria_Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Melalui Kegiatan Keislaman Peserta Didik Kelas V Di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai akhlak sejak dini sangat penting dilakukan pada peserta didik. Nilai akhlak yang sudah tertanam pada peserta didik akan terus melekat dan tersimpan dalam diri peserta didik sehingga mereka akan terbiasa berperilaku baik. Oleh karena itu, internalisasi nilai nilai akhlak terpuji melalui kegiatan keislaman akan terus dilakukan guna membentuk kepribadian dan karakter yang berakhlak mulia pada peserta didik kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai nilai akhlak terpuji melalui kegiatan akhlak terpuji melalui kegiatan keislaman pada peserta didik kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek dalam penelitian meliputi bagian kesiswaan, wali kelas V, dan peserta didik kelas V sedangkan objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah internalisasi terhadap nilai nilai akhlak terpuji melalui kegiatan keislaman di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Data diperoleh dari hasil penelitian melalui pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dengan teknik triangulasi data guna memperoleh kesimpulan atau hasil dari sebuah penelitian. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak adalah suatu proses penanaman akhlak dengan cara memasukkan nilai-nilai tersebut kedalam jiwa peserta didik sehingga dapat membentuk tingkah laku yang baik pada peserta didik. Tahapan-tahapan internalisasi nilai-nilai akhlak yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap trans-internalisasi dengan metode pembiasaan, keteladanan dan motivasi serta aturan yang dibuat oleh sekolah. Nilai-nilai akhlak yang diinternalisasikan yaitu nilai kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab, percaya diri, rasa ikhlas, jujur, keberanian, menimbulkan rasa persaudaraan dan perilaku sosial antar sesama serta nilai religius pada peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Terpuji, Internalisasi Nilai, Kegiatan Keislaman, Peserta Didik
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sekar Salsabila Nur Fajria
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:51
Last Modified: 25 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item