EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 187 PURWOJATI

Hurun'In, Nisa' (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 187 PURWOJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HURUN'IN NISA' EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 187 PURWOJATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini mengalami krisis multidimensional. Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi di indonesia, salah satunya permasalahan dalam hal pendidikan. Adanya krisis moral dalam dunia pendidikan menyebabkan peserta didik tidak lagi memahami pentingnya pendidikan dalam kehidupan, hal tersebut karena adanya kemerosotan moral dalam kehidupan bermasyarakat. Kemrosotan moral yang dimaksud adalah menurunnya sikap tanggung jawab, menurunnya kejujuran dan sopan santun yang dimiliki anak, hilangnya rasa hormat dan kurangnya toleransi. Krisis moral atau permasalahan yang terjadi pada saat ini dapat di atasi dengan adanya pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mengajar dan melihat hasil atau efektivitas permainan tradisional terhadap pembe ntukan karakter anak usia dini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Diponegoro 187 Purwojati. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis true eksperimen design yang bentuk posttest-only control group. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket, observasi dan wawancara. Hasil analisis data menggunakan uji parametrik independent samples t-test. Hasil perhitungan independent samples t-test 0,006<0,05. Dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada nilai posttest kelompok kontrol. Dapat disimpulkan permainan tradisional efektif digunakan terhadap pembentukan karakter anak usia dini di TK Diponegoro 187 Purwojati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hurun'In Nisa' sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:13
Last Modified: 25 Jul 2023 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20662

Actions (login required)

View Item View Item