INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI TOLONG MENOLONG DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ABDUL, ROZAK (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI TOLONG MENOLONG DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP NEGERI 8 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ABDUL ROZAK_INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI TOLONG MENOLONG DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP NEGERI 8 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI TOLONG MENOLONG DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP NEGERI 8 PURWOKERTO ABDUL ROZAK NIM. 191766001 ABSTRAK Masyarakat Indonesia pada zaman ini mulai kehilangan budayanya, terutama dalam lingkungan sekolah. Salah satu budaya yang mulai pudar adalah budaya untuk peduli dan membantu orang lain. Sering sekali masyarakat Indonesia di zaman ini lebih memilih untuk bersikap apatis serta tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap sesamanya. Perilaku sosial tidak akan lepas dari kehidupan manusia dalam interaksinya di masyarakat. Proses interaksi manusia ini tidak lepas dari perbuatan tolong-menolong. Perilaku saling membantu atau dalam kata lain tolong-menolong merupakan suatu hal yang lazim. Tolong menolong merupakan salah satu contoh akhlak terpuji, yang sering kita sebut ta’awun. Selain itu tanggung jawab juga merupakan akhlak terpuji. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab bagi sesama anggota lainnya. Penelitian ini membahas berkaitan dengan internalisasi nilai-nilai akhlak terpuji tolong-menolong dan tanggung jawab pada siswa SMP Negeri 8 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai internalisasi nilai-nilai akhlak terpuji tolong menolong dan tanggung jawab pada siswa SMP Negeri 8 Purwokerto. Penelitian yang penulis lakukan adalah menggunakan jenis penelitian lapangan di mana peneliti langsung menuju lokasi penelitian untuk mencari data yang diperlukan. Melalui metode deskriptif analitis, peneliti merekam apa saja yang ditemukan di lapangan, termasuk fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, keyakinan, persepsi, dan pemikiran yang dapat diamati dari seluruh warga sekolah khususnya di SMP Negeri 8 Purwokerto, baik dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya Internalisasi nilai-nilai akhlak terpuji tolong-menolong dan tanggung jawab pada siswa di SMP Negeri 8 Purwokerto di internalisasikan kedalam berbagai program dan kegiatan sekolah diantaranya adalah dalam kegiatan intrakulikuler, kegiatan ko kulikuler, kegiatan ekstrakulikuler, ataupun kegiatan pembiasaan-pembiasan lainya. Salah satu contoh kegiatan yang menginternalisasikan hal tersebut adalah kegiatan Gerakan Zakat Profesi Uang Saku, kegiatan infak dan sodaqoh, kegiatan bakti sosial dan lain sebagainya. Tentunya dalam kegiatan-kegiatan tersebut didalamnya terselip tujuan agar membiasakan siswa untuk saling tolong menolong dan memiliki tanggung jawab baik untuk diri sendiri dan terhadap sesamanya. Kata Kunci : Internalisasi Akhak Terpuji, Tolong Menolong, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Akhak Terpuji, Tolong Menolong, Tanggung Jawab
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ABDUL ROZAK
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:46
Last Modified: 25 Jul 2023 08:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20658

Actions (login required)

View Item View Item