ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN STRES KERJA PEDAGANG DI ERA NEW NORMAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR HEWAN PURBALINGGA)

Moch Rizky, Ramadhan (2023) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN STRES KERJA PEDAGANG DI ERA NEW NORMAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR HEWAN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Moch Rizky Ramadhan_Analisis Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Pedagang di Era New Normal Terhadap Kesejahteraan Sosial Perspektif Ekonomi Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia menjadi pemeran utama dalam hal penyelenggaraan perekonomian, meskipun peran dan fungsi akhir-akhir ini telah banyak digantikan dengan teknologi yang semakin berkembang maju. Kendati, peran utama dalam menentukan proses jalannya suatu produksi berada di manusia itu sendiri. Oleh sebab itu, peran sumber daya manusia amat diperlukan. Dalam hal ini tentunya motivasi kerja menjadi dorongan tersendiri agar seseorang bertindak. Faktor dorongan lain juga dipengaruhi oleh kondisi psikologi seseorang, yaitu stres kerja. Motivasi dan stres kerja menjadi pengaruh besar pada terciptanya kesejahteraan sosial. Problem ini juga muncul di Pasar Hewan Purbalingga, dimana pedagang mengalami stres kerja di era new normal setelah adanya wabah Covid-19. Problem tersebut dikarenakan kurangnya penghasilan dan penjualan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan motivasi kerja, stres kerja terhadap kesejahteraan sosial yang dalam hal ini Pasar Hewan di Purbalingga menjadi objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi atau R & D, yaitu jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 pedagang di Pasar Hewan Purbalingga yang dijadikan responden. Adapun teknik yang digunakan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dan teknik random sampling. Analisis data tersebut dilakukan menggunakan aplikasi berupa Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil-hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasar sebagai tempat pertukaran menjunjung tinggi keadilan dan menentukan berbagai hasil dan risiko (risk sharing). Kebebasan pertukaran ditunjukkan untuk memilih tujuan dan rekan dagang sesuai prinsip syariah. Motivasi kerja, dan Stres Kerja pedagang Pasar Hewan Purbalingga di era new normal berpengaruh terhadap kesejahteraan sosial, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teknik Cronbach alpa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Stres Kerja, Kesejahteraan Sosial
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad Rizky Ramadhan sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:13
Last Modified: 25 Jul 2023 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item