IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Aulia, Nur Azizah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULIA NUR AZIZAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI MI MA'ARIF NU CIBEREM KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting bagi kemajuan suatu bangsa. Untuk mengangkat martabat bangsa keberhasilan terbesarnya dapat diperoleh apabila pendidikan karakter dibina sejak dini. Karakter religius merupakan salah satu nilai yang sangat penting dalam sebuah pendidikan. Dengan adanya karakter religius maka peserta didik akan memiliki perilaku yang didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius pada siswa kelas VI di MI Ma’arif NU Ciberem Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian keseluruhan datanya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter religius. Pertama, kegiatan harian yaitu sholat dhuha berjama’ah, kegiatan berinfak, dan sholat dhuhur berjama’ah. Kedua, kegiatan mingguan yaitu hafalan suratan pendek dan kegiatan tahlil. Ketiga, kegiatan tahunan yaitu kegiatan Peringatan Hari Besar Islam dan istighosah. Kegiatan-kegiatan tersebut masuk kedalam beberapa indikator karakter religius. Dalam kegiatan harian siswa telah mencapai dua indikator karakter religius yaitu toleransi dan melindungi yang kecil dan tersisih. Kemudian dalam kegiatan mingguan siswa telah mencapai dua indikator karakter religius yaitu percaya diri dan toleransi. Sedangkan dalam kegiatan tahunan siswa mencapai tiga indikator karakter religius yaitu teguh pendirian, ketulusan, dan melindungi yang kecil dan tersisih. Adapun dalam mengimplementasikan kegiatan tersebut, para guru menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, penegakan aturan dan penanaman moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Nur Azizah sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:44
Last Modified: 25 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item