PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DAN ABDULLAH NASHIH ULWAN)

Titis, Rahmawati (2023) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI PADA ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID DAN ABDULLAH NASHIH ULWAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Titis Rahmawati_Pembentukan Kepribadian Islami Pada Anak (Studi Komparasi Pemikiran Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Abdullah Nashih Ulwan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tentang pembentukan kepribadian Islami pada anak menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Abdullah Nashih Ulwan dan menjelaskan persamaan dan perbedaan kedua tokoh tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kepustakaan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan data dokumentasi dan analisis datanya menggunakan dua metode yaitu descriptif analysis, dan comparative analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam membentuk kepribadian Islami menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Abdullah Nashih Ulwan memiliki kesamaan yang terletak pada tujuan dalam membentuk kepribadian Islami anak yang sejalan dengan ciri-ciri kepribadian yang Islami, dan juga mencangkup aspek-aspek pembentukan kepribadian seperti aspek rohani, aspek jasmani dan aspek kejiwaan. Sedangkan perbedaanya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid membagi unsur pembentukan kepribadian Islami pada anak menjadi sembilan bagian, yaitu : membentuk akidah anak, membentuk aktivitas anak, membentuk jiwa sosial- kemasyarakatan pada anak, membentuk akhlak Islami anak, membentuk perasaan anak, membentuk jasmani anak, mengajarkan anak cinta ilmu, menjaga kesehatan anak, dan mengarahkan kecenderungan seksual anak. Sedangkan Abdullah Nashih Ulwan membaginya menjadi tujuh bagian, yaitu : pembentukan iman anak, pembentukan moral anak, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial dan pendidikan seksual anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Anak Islami, Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, Abdullah Nashih Ulwan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Titis Rahmawati sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:24
Last Modified: 25 Jul 2023 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item View Item