PELESTARIAN NILAI-NILAI ASWAJA PADA KEGIATAN RUTINAN TAHLIL WANITA MUSLIMAT NU DI DUSUN ASINAN KALIBENING BANJARNEGARA

KURNIA, RAHMA DINAH (2023) PELESTARIAN NILAI-NILAI ASWAJA PADA KEGIATAN RUTINAN TAHLIL WANITA MUSLIMAT NU DI DUSUN ASINAN KALIBENING BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KURNIA RAHMA DINAH_PELESTARIAN NILAI-NILAI ASWAJA PADA KEGIATAN RUTINAN TAHLIL WANITA MUSLIMAT NU DI DUSUN ASINAN KALIBENING BANJARNEGARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tahlil merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Nahdlatul Ulama yang berpaham Ahlussunnah Wal Jamaah untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Tahlil dilakukan sebagai rutinan bagi beberapa masyarakat. Tidak hanya laki-laki, tahlilpun dilakukan oleh kaum perempuan dan dijadikan sebagai rutinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rangkaian kegiatan tahlil wanita Muslimat NU Dusun Asinan dan pelestarian nilai-nilai Aswaja dari kegiatan tahlil wanita tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Dusun Asinan Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, dengan subjek penelitian meliputi, ketua Muslimat NU, penanggungjawab masing-masing kelompok tahlil, dan Tanfidziyah NU Dusun Asinan. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan tahlil wanita oleh Muslimat NU diawali dengan melantunkan sholawat, menyanyikan lagu Mars NU dan Muslimat NU, membaca Asmaul Husna, yasin dan tahlil, penyampaian materi jika ada, dan makan bersama. 2) Pelestarian nilai-nilai Aswaja pada kegiatan tahlil yaitu Tasamuh (toleransi) dengan saling menghargai, memahami, satu sama lain, tawasuth (moderat) dengan mengambil jalan tengah atas beberapa pendapat dan keputusan yang berbeda, tawazun (seimbang) dengan memusyawarahkan segala hal agar tidak terjadi keputusan yang pincang, dan ta’adl (adil) dengan berlaku seadil-adilnya terhadap setiap anggota. (3) Nilai-nilai Aswaja pada kegiatan tahlil juga diterapkan pada kegiatan lain, dan fungsikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Dusun Asinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muslimat NU,Nilai-Nilai Aswaja,Pelestarian Tahlil
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kurnia Rahma Dinah sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:58
Last Modified: 25 Jul 2023 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item