PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Annisa, Amalia Istiqomah (2023) PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANNISA AMALIA ISTIQOMAH_PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena dengan perubahan itu maka proses, model, atau metode pembelajaran akan semakin efektif dan efisien, serta akan mengalami kemajuan guna meningkatkan kualitias pendidikan di Indonesia untuk menjadikan pendidikan di Indonesia semakin baik. Namun perubahan kurikulum seingkali menimbulkan persoalan baru, sehingga pada tahap implementasinya dijumpai banyak kendala, sehingga sekolah sebagai penyelenggara proses pendidikan formal sedikit banyaknya pada tahap awal ini membutuhkan adaptasi dan usaha untuk mengetahui dan memahami isi dan tujuan kurikulum baru. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis berbagai problematika yang ada dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di MIN 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala madrasah, Waka kurikulum, dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di MIN 1 Banyumas sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis mata pelajaran, mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan menjadi IPAS, sedangkan perangkat ajar seperti Modul Ajar dan raport masih dikerjakan secara bertahap. Kedua, problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran adalah kesulitan menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan media, metode dan strategi pembelajaran, terbatasnya buku siswa, kurangnya kemampuan dan kesiapan menggunakan metode dan media pembelajaran, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran berbasis proyek. Ketiga, upaya yang diterapkan guru dalam mengatasi permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar adalah mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, workshop, mengadakan pertemuan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG), serta belajar secara autodidak lewat Platform Merdeka Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANNISA AMALIA ISTIQOMAH sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:10
Last Modified: 25 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item