Ridha, Husna Khairunnisa (2023) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BERBASIS ICT DI TK AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Ridha Husna Khairunnisa_Manajemen Program Literasi Berbasis ICT di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan literasi berbasis Information and Communication Technology (ICT) semakin meningkat, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya kegiatan terutama dalam lembaga pendidikan yang mengharuskan peserta didiknya untuk melibatkan ICT dalam pengerjaan tugas- tugas sekolah. Tidak dapat dipungkiri bahwa ICT sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu pengenalan teknologi bagi anak harus mulai dikenalkan sejak usia dini, namun dalam pelaksanaannya tetap harus berada pada pengawasan guru dan orangtua, karena penggunaan ICT yang benar dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik, begitu juga sebaliknya penggunaan yang salah akan memberikan dampak negatif yang merugikan peserta didik. Adapun salah satu TK yang sudah dinilai unggul dalam bidang IT nya yaitu TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Alasannya karena program yang disediakan oleh lembaga tersebut selalu melibatkan ICT di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program literasi berbasis ICT di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala TK, Wakil Kepala, Pendamping Guru Sentra IT dan Guru Sentra IT. Objek dari penelitian ini adalah bagaimana manajemen program literasi berbasis ICT di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program literasi berbasis ICT di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto dinilai berhasil dalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dilihat pada indikator keberhasilan dalam manajemen program literasi berbasis ICT, antara lain: pertama, kelengkapan berkas seperti adanya RPPM sentra IT, RPPH sentra IT, dan dokumenter penilaian sentra IT; kedua, sarana dan prasarana yang memadai; ketiga, guru-guru lebih bersemangat dalam menyiapkan pembelajaran; keempat, peserta didik sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan kefokusan peserta didik saat guru menjelaskan materi dan keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan melakukan kegiatan yang sudah diajarkan. Kata Kunci: Manajemen Program; Program Literasi; Pembelajaran Information and Communication Technology.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program; Program Literasi; Pembelajaran Information and Communication Technology |
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ridha Husna Khairunnisa sdri |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20638 |
Actions (login required)
View Item |