PENGARUH HABITS OF MIND TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 KARANGREJA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Milatun, Muslihati (2023) PENGARUH HABITS OF MIND TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 KARANGREJA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Milatun Muslihati_1917407008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan hal yang penting dan harus dimiliki oleh semua siswa agar dapat memahami konsep pembelajaran dan berhasil memecahkan masalah matematis dengan baik. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis seseorang dapat diukur dengan pertanyaan spesifik yang memerlukan evaluasi secara mendalam. Soal yang memerlukan analisis dan evaluasi yang mendalam adalah soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis asalah satunya adalah kebiasaan berpikir. Habits of mind (kebiasaan berpikir) adalah suatu perilaku positif yang ditunjukkan oleh siswa yang dilakukan secara berulang-ulang dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh habits of mind terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Karangreja dalam menyelesaikan soal HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh habits of mind terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Karangreja dalam menyelesaikan soal HOTS. Adapun besarnya pengaruh habits of mind terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Karangreja dalam menyelesaikan soal HOTS dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi R Square 0,098 yang berarti bahwa habits of mind berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 9,8% dan sisanya sebesar 90,2% dipengaruhi oleh faktor lain selain habits of mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Habits of Mind, HOTS (High Order Thinking Skills), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Milatun Muslihati sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:06
Last Modified: 27 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item