PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PARA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER (SURVEY MAHASISWA DI PURWOKERTO)

Vira Rahma, Rahma (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PARA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER (SURVEY MAHASISWA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vira Rahma Yuliani_Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Intensitas penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Para Pengguna Shopee Paylater (Survey Mahasiswa di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini kecanggihan teknologi menjadikan dampak yang sangat begitu berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup masyarakat seperti contohnya masyarakat akan menjadi lebih konsumtif dikarenakan munculnya alat pembayaran secara online atau nontunai. Seperti transformasi dalam sistem pembayaran yang ramai digunakan seperti sistem pembayaran bayar tunda pada beberapa platform e- commerce. Shopee paylater membuat belanja maupun bertransaksi lebih mudah, hal ini menyebabkan shopee paylater semakin populer khususnya pada kalangan anak muda. pasalnya fitur “bayar nanti” (paylater) ini memudahkan sebagian besar anak muda, pekerja maupun karyawan yang apabila ingin membeli suatu produk yang mereka inginkan atau mereka butuhkan akan tetapi belum mempunyai uang ataupun belum menerima gaji. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater; (2) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater (3) pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater; (4) pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner melalui google form dengan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji rank Spearman, Kendall’s w dan regresi Ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari variabel literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif para pengguna shopee paylater; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel gaya hidup terhadap perilaku konsumtif para pengguna shopee paylater; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif para pengguna shopee paylater. Kata kunci : Shopee paylater, Literasi keuangan, gaya hidup, media sosial, konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shopee paylater, Literasi keuangan, gaya hidup, media sosial, konsumtif
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vira Rahma Yuliani sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:14
Last Modified: 26 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20625

Actions (login required)

View Item View Item