JARAK ANTARA TEKS AGAMA DAN REALITAS : STUDI KASUS SANITASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL QUR'AN AL AMIN PABUARAN

Aulia, Winarni (2023) JARAK ANTARA TEKS AGAMA DAN REALITAS : STUDI KASUS SANITASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL QUR'AN AL AMIN PABUARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aulia Winarni_Jarak Antara Teks Agama dan Realitas Studi Kasus Sanitasi Santri di Pondok Pesantren Al Qur'an Al Amin Pabuaran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui doktrin islam mengenai sanitasi dan menjelaskan hasil akhir bagaimana sanitasi mengalami jarak pada praktik pengamalan beragama Sanitasi merupakan upaya pengawasan untuk mencegah terjadinya penyakit atau hal-hal yang menyebabkan terjadinya penyakit. Sanitasi mempunyai hubungan dengan ajaran islam yaitu dalam Al Qur’an dan Hadist. Annadhofatu Minal Iman yang artinya kebersihan merupakan sebagian dari iman. Di dalam dunia pesantren sanitasi sangat penting dipahami untuk kesehatan santri. Untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori everyday religion menurut Nancy t. Ammerman dan Teori Peran menurut Soerjono Soekanto. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Sanitasi mempunyai hubungan dengan ajaran islam yang terdapat dalam Al Qur’an dan hadist salah satunya yaitu hadist Annadhofatu Minal Iman yang artinya kebersihan merupakan sebagian dari iman. Seseorang akan sempurna jika mereka menjaga keimanannya. Sebaliknya jika mereka tidak menjaga kebersihan maka dianggap kurang belum sempurna dalam menjaga keimanan, 2)Sanitasi di Pondok Pesantren mengalami jarak pada praktik sanitasi dan teori yang sudah diajarkan dalam agama islam mengenai sanitasi. Dari kasus sanitasi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan santri agar membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teks Agama, Sanitasi, Santri, Pondok
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.9 Islam tentang Agama/ Aliran Lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Aulia Winarni sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:10
Last Modified: 26 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item View Item