INTERNALISASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI SMK SEMESTA BUMIAYU BREBES

Aminah, Auliah (2023) INTERNALISASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI SMK SEMESTA BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aminah Auliah_internalisasi nilai karakter peduli lingku.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman pada saat ini, dapat mempengaruhi perkembangan perilaku atau karakter pada anak. Salah satu karakter anak yang terkikis adalah karakter peduli terhadap lingkungannya. Banyak ditemui kasuskasus kerusakan lingkungan yang terjadi penyebab ulah manusia. Kasus besar tersebut muncul dimulai dari kasus yang kecil. Lembaga sekolah yang memiliki tugas merubah perilaku dan memberi pengetahuan pada anak, harus memiliki strategi pembelajaran yang menarik. Bukan hanya menarik, tetapi pembelajaran juga harus dengan pendekatan agama. Mengingat, zaman sekarang, banyak orang yang kurang minat atau tidak tertarik dengan pembelajaran agama yang ada. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang apa yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melalui beberapa teknik yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik triangulasi data. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai internalisasi nilai karakter peduli lingkungan melalui kegiatan keagamaan di SMK Semesta Bumiayu Brebes sudah berhasil dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan internalisasi nilai karakter peduli lingkungan yang dilaksanakan di SMK Semesta Bumiayu melalui kegiatan keagamaan dilakukan melalui 3 tahapan yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan trans-internalisasi nilai. Tahapan transformasi nilai dilaksanakan dengan cara kajian kitab tentang akhlak seperti kitab akhlakul libanin wal banat dan sosisalisasi peraturan sekolah. Tahapan transaksi nilai dilaksanakan melalui kegiatan keputrian, pembelajaran PAI di kelas, dan pembinaan wali kelas. Sedangkan transinternalisasi nilai dilaksanakan melalui program pengurangan penggunaan plastik. Selain faktor kegiatan yang mempengaruhi kegiatan tersebut, faktor keberhasilan guru dalam mengajarkan siswanya cukup berpengaruh. Kompentensi yang dimiliki guru SMK Semesta Bumiayu sudah hampir dikuasai, keempat kompentensi yang harus dimiliki guru yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai Karakter, Peduli Lingkungan dan Kegiatan Keagamaan.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aminah Auliah sdri
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:59
Last Modified: 26 Jul 2023 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item View Item