MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES

Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro (2023) MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatimatuzzahro_MANAJEMEN PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang manajemen program keterampilan di MA Al-Hikmah 2 Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi manjemen program keterampilan di MA Al-Hikmah 2 Benda yang meliputi: proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengendalian. Agar suatu manajemen program dapat berfungsi secara maksimal maka, dibutuhkan adanya manajemen yang baik dari pihak sekolah. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan mereview data dan teori yang telah diperoleh dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen program keterampilan di MA Al-Hikmah 2 Benda dapat diidentifikasikan menjadi empat aspek. Pertama, perencanaan program keterampilan perikanan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, ketua jurusan keterampilan perikanan bersama guru dan staf pengajar keterampilan perikanan bersama-sama musyawarah menentukan program jangka pendek dan jangka panjang yang akan disepakati bersama mulai dari tujuan kegiatan, penganggungjawab dan besar anggaran yang diperlukan. Kedua, pengorganisasian berupa pemberian tugas dan wewenang kepada waka kurikulum. Waka kurikulum bersama kepala sekolah saling berkoordinasi dalam pengrekrutan guru keterampilan. Ketiga, pengarahan berupa bimbingan dan motivasi dari waka keterampilan kepada guru dan dari guru kepada peserta didik. Keempat, pengawasan atau pengendalian yaitu dilakukan oleh waka keterampilan dengan melihat kinerja dan hasil produk peserta didik di lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Keterampilan, Madrasah Aliyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Depositing User: Fatimatuzz Fatimatuzzahro sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:41
Last Modified: 25 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item