IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2A SDN KEMBARAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Radita, Adianingsih (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2A SDN KEMBARAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI SETELAH MUNAQOSYAH RADITA ADIANINGSIH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika dianggap sulit oleh siswa sehingga perlu menerapkan pendekatan kontekstual yang merupakan suatu konsep belajar yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan mengubungkannya dengan situasi kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran bukan hanya sekedar menghafal dan mengingat materi saja, peserta didik seharusnya lebih ditekankan untuk memahami materi tersebut dengan terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika kelas 2A SDN Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SDN Kembaran Kecmatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas 2A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika kelas 2A SDN Kembaran telah menerapkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif yang terdapat pada pembelajaran CTL melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi pembelajaran. Adapun tujuh komponen tersebut terdiri dari konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Implementasi, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Radita Adianingsih sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:45
Last Modified: 25 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20600

Actions (login required)

View Item View Item