TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE (PSDS) DI PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO

Salma, Ayuni Hamida (2023) TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE (PSDS) DI PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Salma Ayuni Hamida_Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) Di PT Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi digitalisasi berupa layanan sistem teknologi berupa aplikasi sangat beragam. Beberapa perusahaan besarpun melakukan peluncuran aplikasi dengan sasarannya yaitu generasi millenial. Salah satu lembaga keuangan non-bank yaitu pegadaian meluncurkan aplikasi yakni aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS). Adanya aplikasi PSDS diterapkan juga di PT Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto untuk mempermudah dan memuaskan nasabah dalam bertransaksi di pegadaian. Menurut Teori Kottler, kepuasan adalah kondisi terpenuhinya akan suatu kebutuhan, harapan pelanggan, dan keinginan pelanggan terhadap sebuah produk atau jasa. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis pengaruh variabel perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi PSDS di PT Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan terdapat 100 responden yang merupakan nasabah PT Pegadaian Syariah Pasar Wage Purwokerto yang menggunakan aplikasi PSDS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS). 2) Perceived usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dala menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS). 3) Secara simultan perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Kepuasan Nasabah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Salma Ayuni Hamida
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:20
Last Modified: 25 Jul 2023 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item