TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERAS SOTTER (Studi Kasus Di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap)

Nurlita, Fitriyaningsih (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERAS SOTTER (Studi Kasus Di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nurlita Fitriyaningsih_Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Beras Sotter (Studi Kasus Di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERAS SOTTER (Studi Kasus di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap) Nurlita Fitriyaningsih NIM. 1917301107 ABSTRAK Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, sehingga hal tersebut menjadi objek perdagangan. Dengan perdagangan tersebut maka banyak pedagang yang melakukan pencampuran pada jual beli beras. Salah satunya yaitu pencampuran bahan kimia pada beras supaya menghasilkan beras yang putih dan bersih untuk diperjualbelikan sehingga penjual bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli beras sotter di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli beras sotter di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan narasumber yaitu penjual dan pembeli beras sotter di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada metode analisis kualitatif. Hasil penelitian terhadap praktik jual beli beras sotter dipengaruhi oleh keuntungan yang cukup tinggi dan tidak memperlihatkan adanya hak khiyar, selain itu penjual tidak menjelaskan adanya pencampuran bahan kimia pada beras. Maka dalam jual beli beras sotter di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap haram dilakukan karena adanya unsur penipuan dalam obyek yang diperjual belikan. Kata kunci : Jual Beli, Beras Sotter Dan Bahan Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Beras Sotter Dan Bahan Kimia.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: NURLITA FITRIYANINGSIH sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:26
Last Modified: 25 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20577

Actions (login required)

View Item View Item