EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGELAN

Nur, Khasanah (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGELAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Nur Khasanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi matematis siswa yang masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil tes pendahuluan dengan rata-rata 36,25 yang dilakukan dengan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan, sehingga perlu dilakukan pembaharuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan literasi matematis adalah model pembelajaran dan media yang digunakan. Dengan hal itu peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komik untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komik terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu desain penelitian Pretest and Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan dan sampel yang digunakan diambil dengan teknik simple random sampling dan hasil sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII G dan kelas VIII H yang berjumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komik lebih baik dari pada yang tidak dikenai yakni dilihat dari hasil uji N-Gain, yaitu kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai N-Gain yaitu sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Pada uji t dua sampel independen menunjukkan hasil signifikansi yaitu 0,000 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komik dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dengan diperoleh hasil rata-rata uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 77% dengan kriteria efektif dan pada kelas kontrol sebesar 47% dengan kriteria kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematis, Media komik, Model pembelajaran kooperatif tipe GI
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:35
Last Modified: 24 Jul 2023 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20575

Actions (login required)

View Item View Item