IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

Ammal, Annastawan (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ammal Annastawan_Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI di SMPN 4 Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang terkena dampak oleh pandemi covid-19, membuat peserta didik memiliki penurunan semangat belajar sehingga berdampak pada kualitas dan mutu belajar peserta didik di dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang SMP. Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi salah satu solusi yang diberikan pemerintah dalam menanggulangi penurunan semangat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif guna mendapatkan data secara langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Purwokerto belum maksimal, karena penerapan dan pelaksanaannya yang masih cukup baru sehingga dalam pembelajaran masih pada tahap penyesuaian. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka ada tiga tahap yang perlu dilaksanakan. Pertama, tahap perencanaan dengan 5 langkah yang dipersiapkan, diantaranya: memahami regulasi dan peraturan penerapan Kurikulum Merdeka, menyiapkan dokumen penunjang atau pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka, menganalisis Capaian Pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, dan memahami prinsip assessment/ penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kedua, dalam tahap pelaksanaannya ada 3 kegiatan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam, diantaranya kegiatan pembukaan atau awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup atau akhir. Ketiga, dalam tahap penilaian SMP Negeri 4 Purwokerto menggunakan 2 cara penilaian yaitu penilaian atau assessment diagnostic dan penilaian atau assessment formatif. Karena pelaksanaan Kurikulum Merdeka belum satu tahun maka, penilaian atau assessment sumatif belum dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ammal Annastawan sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:49
Last Modified: 25 Jul 2023 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item