DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA AKUN INSTAGRAM @REZAQURAN

Abimanyu, Syah Putra (2023) DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA AKUN INSTAGRAM @REZAQURAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABIMANYU SYAH PUTRA_DAKWAH MELALUI DKV (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA AKUN INSTAGRAM @REZAQURAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Media sosial Instagram merupakan hasil dari perkembangan ilmu teknologi yang memiliki aspek sebagai media komunikasi massa dan dapat diterapkan dalam kegiatan berdakwah di era saat ini. Akun Instagram @rezaquran, merupakan sebuah akun yang memiliki tujuan untuk berdakwah melalui metode desain komunikasi visual yang salah satunya berupa poster digital yang menjadikannya menarik dan memiliki makna di setiap detail posternya. Penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pengetahuan tentang makna pada desain komunikasi visual yang digunakan akun Instagram @rezaquran sebagai media dakwah dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure untuk mengkaji tanda secara mendalam baik mengenai isi dan maknanya melalui tiga elemen yaitu tipografi, ilustrasi dan warna. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah melalui desain komunikasi visual dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure pada akun Instagram @rezaquran terdapat pemaknaan terhadap tanda di setiap poster yang diteliti. Tanda tersebut memiliki makna himbauan dan ajakan sesama muslim untuk melakukan amar ana’ruf nahi munkar, yang berarti melakukan kebaikan dan menjauhkan dari kemungkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Semiotika Ferdinand de Saussure, @rezaquran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abimanyu Syah Putra sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:36
Last Modified: 25 Jul 2023 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20570

Actions (login required)

View Item View Item