MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK BERBASIS AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Rikhanah, Defitri (2023) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK BERBASIS AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH DI RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO 135 KARANGSALAM KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rikhanah defitri_Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Anak Berbasis Ahlussunnah Waljama'ah di Raudhatul Athfal Diponegoro 135 Karangsalam Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai manajemen kurikulum berbasis aswaja yang ada di RA Diponegoro 135 Karangsalam. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum yang ada di RA Diponegoro Karangsalam Kedungbanteng Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian. Tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berbasis aswaja di RA Diponegoro 135 Karangsalam sebagai berikut : (1) perencanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja di RA Diponegoro 135 dilakukan untuk menanamkan karakter pada anak sesuai dengan anjuran Rasulullah. Dengan merencanakan tujuan pembelajaran, program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. (2) pengorganisasian manajemen kurikulum di RA meliputi pembagian tugas dari masing-masing guru sesuai dengan bidang yang ditekuni dari guru tersebut. Struktur kurikulum berisi Nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif dan lain sebagainya. (3) pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Melaksanakan pembelajaran dengan menekankan penanaman nilai-nilai karakter berbasis aswaja seperti penanaman karakter religius melalui kegiatan praktek solat, meliputi hafalan do’a-do’a solat dan surat-surat pendek. Penanaman karakter disiplin, kerja keras, kreatif dan rasa ingin tahu. (4) evaluasi manajemen kurikulum di RA Diponegoro 135 Karangsalam dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Evaluasi dilakukan dengan cara guru melaporkan hasil pembelajaran, kemudian melaporkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada setiap akhir semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Faktor pendukung dari pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja yaitu kerjasama yang baik dari para wali murid dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga guru yang ahli dalam bidang IT. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, pembentukan karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rikhanah Defitri sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:27
Last Modified: 27 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item View Item