PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PARADIGMA FILSAFAT SAINS AL QUR'AN

DARSITUN, DARSITUN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PARADIGMA FILSAFAT SAINS AL QUR'AN. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DARSITUN_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS FILSAFAT SAINS AL-QUR'AN.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini pendidikan sains modern terkepung pada ukuran rasionalitas dan standar ilmu sekuler sehingga berdampak negatif pada nilai-nilai spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan memak-simalkan praktik pembelajaran integratif melalui bahan ajar Biologi berbasis Filsafat Sains Al-Qur’a>n maka akan mampu membentengi siswa dari kerapuhan nilai spiritualitas keagamaan. Metodologi penelitian yang digunakan mengacu pada model R&D yang digagas oleh Borg & Gall dengan penyesuaian kebutuhan penelitian di lapangan. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli materi dari Pascasarjana UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri dan 2 orang dosen ahli media/desain kurikulum dari Pascasarjana UM Purwokerto, dan 6 orang ahli pembelajaran/guru Biologi SMA/MA. Pengujian tahap I dilakukan dengan uji coba skala kecil yang melibatkan 4 siswa, uji coba terbatas melibatkan 12 siswa dan uji coba lanjutan melibatkan 33 siswa. Semua subjek uji coba tersebut adalah siswa kelas X MIPA SMA MBS Zamzam Cilongok Banyumas. Kemudian pengujian lanjutan diperluas dengan ujicoba lapangan yang melibatkan 5 sekolah yaitu MAWI Kemranjen, MAM Purwokerto, SMAM 1 Purwokerto, SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, dan MA Al Falah Jatilawang. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penilaian para ahli (expert judgement), uji coba lapangan, kuesioner (angket) untuk guru dan siswa. Adapun untuk menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: a) respons guru terhadap kelayakan produk buku ajar guru memiliki tingkat kepraktisan 89% atau 3,59 poin dengan predikat baik, dan tingkat kepraktisan 84,6% atau 4,18 poin untuk buku ajar siswa dengan kriteria sangat baik, b) respons pengguna yakni siswa kelas X MIPA SMA MBS Zamzam Cilongok Banyumas terhadap produk sebesar 84% atau 4,18 poin pada uji tahap I dengan kriteria sangat baik, dan untuk uji diperluas tahap II menjadi tiga sekolah sebesar 78,6% atau 3,94 poin dengan predikat baik, dan untuk uji diperluas tahap III menjadi enam sekolah dengan tingkat kepraktisan sebesar 80,6% atau 4,03 poin dengan predikat baik, c) peningkatan nilai evaluasi rata-rata keenam sekolah saat uji post test sebesar 11,3% setelah menggunakan produk bahan ajar. Dari deskripsi di atas, produk pengembangan berupa bahan ajar Biologi berbasis paradigma filsafat sains Al-Qur’a>n Kelas X MIPA SMA MBS Zamzam Cilongok Banyumas memiliki tingkat kelayakan produk dengan predikat baik sehingga dapat dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Nilai Spiritual, Paradigma Filsafat Sains Al-Qur’an
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: DARSITUN DARSITUN sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:24
Last Modified: 25 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20559

Actions (login required)

View Item View Item