IMPLEMENTASI PROGAM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMK BINA TARUNA PURWOKERTO

Fuad, Tamami (2023) IMPLEMENTASI PROGAM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMK BINA TARUNA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fuad Tamami_Implementasi Progam Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI di SMK Bina Taruna Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum alternatif mengatasi kemunduran belajar selama masa pandemi yang memberikan kebebasan “Merdeka Belajar” pada pelaksanaan pembelajaran yaitu guru dan kepala sekolah dalam menyusun, melaksanakan proses pembelajaran dan mengembangkan kurikulum di sekolah memperhatikan pada kebutuhan dan potensi siswa. Karakteristik yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka mengenai perencanaan, implementasi dan evaluasi di mana memiliki komparasi dengan K-13 sehingga memberikan solusi bagi dunia pendidikan untuk mengatasi kemunduran belajar yang terjadi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian Kualitatif Deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis reduction data, display data, conslusiaon drawing/verification dan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan mengenai Implementasi Progam Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI di SMK Bina Taruna Purwokerto. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa implementasi progam merdeka belajar pada pembelajaran PAI ini, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pertama perencanaan, guru diwajibkan untuk membuat RPP satu lembar sebelum pembelajaran berlangsung. Kedua pelaksanaan, pada pembelajaran berlangsung guru memberikan motivasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar informasi sesuai materi. Ketiga evaluasi, evaluasi dilakukan dengan penilaian tes dan non tes, mencakup penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Merdeka Belajar, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Tamami sdr
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:03
Last Modified: 24 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20557

Actions (login required)

View Item View Item