IMPLEMENTASI PERMAINAN-PERMAINAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BOJONGSANA PURBALINGGA

Nurrohmah, Nurrohmah (2023) IMPLEMENTASI PERMAINAN-PERMAINAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BOJONGSANA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurrohmah_Implementasi Permainan-permainan Bahasa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, bahasa Arab digunakan sebagai mata pelajaran di semua jenjang pendidikan Islam. Maharah qira’ah merupakan aspek keterampilan yang dicapai ketika belajar bahasa Arab, karena membaca merupakan unsur dasar untuk mengembangkan dan menyempurnakan kepribadian. Permainan bahasa menjadi salah satu media pembelajaran yang disenangi oleh siswa, karena dapat menghilangkan rasa bosan terhadap pembelajaran yang monoton. Sehingga penulis mengangkat Implementasi Permainan-permainan Bahasa dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Bojongsana Purbalingga. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui menggunakan permainan-permainan apa saja dalam pembelajaran maharah qira’ah di MI Muhammadiyah Bojongsana Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di MI Muhammadiyah Bojongsana Purbalingga. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh penulis, terdapat tiga macam permainan-permainan bahasa dalam pembelajaran maharah qira’ah, yaitu menyusun huruf, kata dalam kotak dan teka-teki silang. Dalam implementasinya, permainan menyusun huruf guru menuliskan mufradat dalam bentuk huruf terpotong-potong di papan tulis. Kemudian guru memberi kesempatan bagi siswa yang paling cepat untuk membaca dengan benar sekaligus mengartikan bacaan tersebut. Lalu permainan kata dalam kotak guru membentuk kelas menjadi tiga kelompok, kemudian perwakilan salah satu dari setiap kelompok untuk maju mengambil kertas/kata dalam kotak untuk diperagakan secara bergantian. Lalu kelompok lain mendiskusikan untuk menjawab dengan bahasa Arab beserta artinya. Dan dalam permainan teka-teki silang siswa ditantang untuk mengisi kotak-kotak kosong dengan huruf bahasa Arab, baik kotak yang mendatar maupun menurun sehingga membentuk sebuah kata yang mengandung arti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maharah Qira’ah, Implementasi, Permainan-permainan Bahasa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurrohmah Nurrohmah sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:19
Last Modified: 25 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item View Item