PENGARUH PENDIDIKAN, LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (STUDI KASUS : UMKM BINAAN RUMAH BUMN PURWOKERTO)

Indah, Noviani (2023) PENGARUH PENDIDIKAN, LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (STUDI KASUS : UMKM BINAAN RUMAH BUMN PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDAH NOVIANI_Pengaruh Pendidikan, Literasi Keuangan dan Kemudahan Digital Payment Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN PUrwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja bisnis merupakan standar penting yang dipakai oleh sebuah entitas ekonomi untuk menilai keberhasilan usaha. Ada dua faktor yang mempengaruh kinerja bisnis yaitu faktor internal yang terdiri dari aspek sumber daya manusia, aspek keuangan, aspek teknis dan operasional serta aspek pasar dan pemasaran. Faktor yang kedua yaitu faktor eksternal yang terdiri dari aspek kebijakan pemerintah, aspek sosial budaya dan ekonomi, serta aspek peranan lembaga terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan, literasi keuangan dan kemudahan digital payment terhadap kinerja bisnis UMKM pada UMKM Binaan Rumah BUMN Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatakan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobality sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan, literasi keuangan dan kemudahan digital payment secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis UMKM pada UMKM Binaan Rumah BUMN Purwokerto. Kemudian secara simultan variabel pendidikan, literasi keuangan dan kemudahan digital payment berpengaruh terhadap kinerja bisnis UMKM pada UMKM Binaan Rumah BUMN Purwokerto. Kata Kunci : Pendidikan, literasi keuangan, digital payment, kinerja bisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Literasi Keuangan, Digital Payment dan Kinerja Bisnis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Noviani sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:08
Last Modified: 25 Jul 2023 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item