ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM P5 PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 2 SUKOHARJO WONOSOBO

Afi, Afani (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM P5 PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 2 SUKOHARJO WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afi Afani_Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Implementasi Program P5 pada Kurikulum Merdeka di SMPNegeri 2 Sukoharjo.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program dalam Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Program P5 menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan pendidikan Indonesia yang sampai saat ini cenderung hanya fokus pada aspek kognitif (pengetahuan) peserta didik saja dan kurang menyentuh pada aspek afektif (sikap) dan aspek psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program P5 sekaligus menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam implementasi Program P5 pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk teknik uji keabsahan data yaitu menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program P5 pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Sukoharjo sudah berhasil. Indikasi keberhasilannya dapat dilihat dari terbentuknya karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, serta berkembangnya keterampilan/kemampuan dan kompetensi peserta didik. Implementasi Program P5 pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Sukoharjo dikatakan berhasil karena dilaksanakan secara sistemasis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dimana dalam pelaksanaannya terdapat berbagai macam kegiatan yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam, seperti nilai akidah, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sosial. Kata Kunci : Implementasi Program P5, Pendidikan Islam, Nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program P5, Pendidikan Islam, Nilai.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afi Afani
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:41
Last Modified: 25 Jul 2023 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item View Item