PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA JAWA DIALEK BANYUMASAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI RA PERWANIDA PLIKEN KABUPATEN BANYUMAS

Safitri, Safitri (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA JAWA DIALEK BANYUMASAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI RA PERWANIDA PLIKEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Safitri_Pengembangan Modul Ajar Bahasa Jawa Dialek Banyumasan Berbasis Kearifan Lokal di RA Perwanida Pliken Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar bahasa Jawa dialek banyumasan berbasis kearifan lokal menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di RA Perwanida Pliken. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan adalah kebutuhan guru terhadap bahan ajar bahasa Jawa dialek banyumasan. Prosedur dalam penelitian ini meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, wawancara, angket, dan dokumentasi. Studi pustaka dilakukan pada penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian; wawancara dilakukan dengan perwakilan guru; penyebaran angket meliputi: angket kebutuhan, angket uji validasi, dan angket uji coba; serta dokumentasi dalam setiap tahap penelitian untuk mendukung kevalidan data. Angket uji validasi ditujukan kepada ahli media dan materi, ahli bahasa, serta pengguna. Berdasarkan hasil uji validasi diperoleh skor 84% dari ahli media dan materi yang artinya layak dengan predikat bagus, 93% dari ahli bahasa yang artinya layak dengan predikat sangat bagus, dan 74% dari pengguna yang artinya layak dengan predikat bagus. Selanjutnya untuk hasil uji coba memperoleh skor 78% yang artinya layak dengan predikat bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Modul Ajar, Dialek Banyumasan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Safitri Safitri sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:56
Last Modified: 25 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item