PERBEDAAN PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP KEPUTUSAN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PERBANKAN SYARIAH PASCA MERGER (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH DAN MAHASISWA PROGRAM STUDI NON PERBANKAN SYARIAH)

Dini, Fitriani (2023) PERBEDAAN PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP KEPUTUSAN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PERBANKAN SYARIAH PASCA MERGER (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH DAN MAHASISWA PROGRAM STUDI NON PERBANKAN SYARIAH). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dini Fitriani_Perbedaan Persepsi Dan Kepercayaan Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Terhadap Keputusan Dalam Menggunakan Layanan Perbankan Syariah Pasca Merger.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah lembaga keuangan perbankan syariah hasil dari merger ketiga bank syariah lainnya yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), dan Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) pada 1 Februari 2021. Munculnya Bank Syariah Indonsia (BSI) memunculkan berbagai persepsi dan kepercayaan yang berbeda antar individu. Mahasiswa adalah sumber daya manusia intelektual yang memiliki pengetahuan tentang produk dan mekanisme perbankan syariah yang diperoleh di dalam perkuliahaan, mahasiswa memiliki pandangan dan persepsi sendiri mengenai keberadaan bank syariah baik dari aspek karakteristik, produk, maupun pelayanannya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji perbedaan persepsi dan kepercayaan mahasiswa terhadap keputusan dalam menggunakan layanan perbankan syariah pasca merger. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen, yaitu persepsi dan kepercayaan sedangkan untuk variabel depeden yaitu keputusan. Sampel penelitian sebanyak 200 responden dengan metode purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Kemudian, analisa data yang digunakan yaitu uji beda paired sample t-test dan menggunakan uji asumsi klasik meliputi: uji normalitas, heteroskedastisitas dan multikolinieritas dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi antara mahasiswa program studi perbankan syariah dan mahasiswa program studi non perbankan syariah memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan persepsi terhadap keputusan dalam menggunakan layanan perbankan syariah pasca merger. Sedangkan untuk kepercayaan antara mahasiswa program studi perbankan syariah dan mahasiswa non perbankan syariah memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kepercayaan terhadap keputusan dalam menggunakan layanan perbankan syariah pasca merger. Kata Kunci: Persepsi, Kepercayaan Mahasiswa, Keputusan Menggunakan Layanan Perbankan Syariah dan Merger

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kepercayaan Mahasiswa, Keputusan Menggunakan Layanan Perbankan Syariah, Merger
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.7 Kepercayaan mengenai hal tertentu
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dini Fitriani
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:38
Last Modified: 25 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item View Item