IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 PETIR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

ODI, SAFIRA (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 PETIR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ODI SAFIRA_ IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 PETIR.docx.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru yang dicetuskan oleh Mendikbud Nadiem Makarim sebagai upaya pemulihan pendidikan pasca pandemi Covid 19 yang pada saat itu menyebabkan fenomena learning loss. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 2 Petir? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 2 Petir? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 2 Petir terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen. Hambatan atau kendala yang ditemukan adalah masih terbatasnya pengalaman guru karena Kurikulum Merdeka Belajar ini masih sangat baru. Sementara faktor pendukung bagi guru adalah dengan adanya KKG dan platform Merdeka Belajar. Kata kunci: Implementasi Kurikulum, Merdeka Belajar, Bahasa Indonesia Abstract: Kurikulum Merdeka is a new policy initiated by the Minister of Education and Culture Nadiem Makarim as an effort to restore education after the Covid 19 pandemic which at that time caused the learning loss phenomenon. The focus of this research are: (1) How is the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Indonesian Language Learning in Grade 4 of SD Negeri 2 Petir? (2) What are the supporting and inhibiting factors in the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Indonesian Language Learning in Grade 4 of SD Negeri 2 Petir? This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The results showed that the implementation of learning Indonesian in grade 4 of SD Negeri 2 Petir consisted of three stages, namely planning, implementing and assessing. Obstacles or obstacles found are the teacher's limited experience because the Free Learning Curriculum is still very new. While the supporting factors for teachers are the existence of the KKG and the Merdeka Learning platform. Keywords: Implementation of Curriculum, Independent Learning, Indonesian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Merdeka Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Odi Safira
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:17
Last Modified: 24 Jul 2023 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item