IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Julia, Fatmawati (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Julia Fatmawati_Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pada setiap proses kegiatan pembelajaran idealnya menggunakan metode-metode pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat dengan materi pembelajaran dapat menjadi pendorong siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses implementasi metode pembelajaran example non example untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data menurut strategi milles dan hubberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran example non example pada pembelajaran tematik di kelas 1 MI Muhammadiyah Kramat dilakukan pada tahap pelaksanaan tepatnya pada kegiatan inti. Implementasi metode pembelajaran example non example dapat meningkatkan keaktifan siswa, terlihat dari antusias dan semangat siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Keberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran tematik disebabkan oleh guru yang menggunakan metode pembelajaran example non example dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan tujuh langkah-langkah metode pembelajaran tersebut dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Example Non Example, Pembelaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Julia Fatmawati sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:15
Last Modified: 24 Jul 2023 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20534

Actions (login required)

View Item View Item