Pengaruh Penerapan Islamic Branding, Bahan Produk dan Labelisasi Halal terhadap Loyalitas Konsumen Produk Herbal (Studi Kasus Konsumen HNI HPAI di Kabupaten Banyumas)

Nadia Anggita, Safitri (2023) Pengaruh Penerapan Islamic Branding, Bahan Produk dan Labelisasi Halal terhadap Loyalitas Konsumen Produk Herbal (Studi Kasus Konsumen HNI HPAI di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadia Anggita Safitri_Pengaruh Penerapan Islamic Branding, Bahan Produk dan Labelisasi Halal terhadap Loyalitas Konsumen Produk Herbal (Studi Kasus Konsumen HNI HPAI di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan penduduk dan daya beli umat muslim pada bisnis pasar halal saat ini di Indonesia menunjukkan perkembangan pesat. Oleh sebab itu, memunculkan trend halal lifestyle dan mempengaruhi pola konsumsi konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti penggunaan produk halal. Namun dari potensi tersebut konsumen belum tentu memperhatikan unsur halal haramnya dalam produk. Sebagian besar konsumen loyal terhadap produk tersebut disebabkan karena bergantung pada produk yang dikemas dalam bentuk sedemikian rupa, mereknya terdapat unsur konotasi Islami, penjualnya berhijab dan hanya memperhatikan ada atau tidaknya label halal pada kemasan tetapi tanpa memperhatikan bahannya. Konsumen banyak yang belum menyadari atas kesadaran dan pengetahuan konsumen terhadap kehalalan suatu produk tersebut juga dinilai dari hal bagaimana proses pembuatan produknya, cara perolehan bahan produknya, dan kandungan zat yang digunakannya. Meskipun bahan baku halal dan suci sekalipun tak menutup kemungkinan tercampur dengan bahan-bahan yang haram. Dengan begitu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Islamic branding, bahan produk, dan labelisasi halal terhadap loyalitas konsumen produk herbal HNI HPAI di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen HNI HPAI di Kabupaten Banyumas dengan jumlah sampel yang digunakan 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dianalisis yang diperoleh menggunakan software SPSS Statistic 16.0. Hasil penelitian menunjukkan Islamic branding, product ingredient, labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk herbal (studi kasus konsumen produk HNI HPAI di Kabupaten Banyumas). Saran dari peneliti bagi peneliti selanjutnya dalam pengambilan sampel harus bisa membedakan antara member dan non member produk herbal HNI HPAI agar hasil penelitian lebih akurat. Kata Kunci : Islamic Branding, Product Ingredient, Labelisasi Halal, Loyalitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding, Product Ingredient, Labelisasi Halal, Loyalitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadia Anggita Safitri sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:28
Last Modified: 25 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20532

Actions (login required)

View Item View Item