PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1B DI MI MA'ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Alfi, Nur Azmi (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1B DI MI MA'ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Alfi Nur Azmi_PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1B DI MI MA'ARIF NU BANTERAN SUMBANG BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1B dan beberapa faktor dalam memotivasi belajar siswa. Guru merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peran sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Di sisi lain, keberhasilan pembelajaran juga ditentukan oleh motivasi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri, karena apabila tidak ada keinginan untuk belajar dalam diri siswa maka akan malas dalam belajar. Maka dari itu faktor dari guru dan orang tua sangat diperlukan bagi siswa kelas 1B agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1B. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini meliputi guru, kepala sekolah, dan siswa-siswi kelas 1B yang berjumlah 24 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan selanjutnya analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, mendisplay data kemudian menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) peran guru sebagai pendidik, guru menciptakan suasana yang menyenangkan dan guru tidak hanya memberikan ilmu saja tetapi juga harus mencontohkan sikap yang positif, 2) guru sebagai pembimbing, guru menasehati, memberikan pengarahan, dan membantu siswa yang belum paham mengenai materi yang sudah diajarkan. 3) guru sebagai motivator, guru memberikan bentuk-bentuk motivasi belajar yaitu memberikan nasehat, memberikan pujian dan hukuman bagi siswa yang tidak patuh . 4) guru sebagai evaluator, guru menyampaikan pertanyaan tertulis atau lisan untuk mengetahui kemampuan siswa. Guru memiliki faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1B, faktor dari siswa itu sendiri, faktor sarana dan prasarana di sekolah, dan dari keluarga. Namun demikian, guru sudah berusaha melakukan berbagai cara agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran. 5) guru sebagai mediator dan fasilitator, guru memiliki pengetahuan tentang media pendidikan, memiliki keterampilan memilih dan menggunakan media apa cocok dan bervariasi agar siswa kelas 1B memiliki semangat dalam belajar, guru menggunakan berbagai sumber untuk melengkapi bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan sumber dari buku siswa, buku pedoman guru, teks bacaan dan gambar 6) guru sebagai pengelola kelas, guru adalah kunci dari keberhasilan atau kesuksesan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh aktivitas siswa dan peran guru dalam mengajar. Dengan begitu peran guru sebagai guru itu sangat penting untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan agar bisa menarik perhatian anak. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfi Nur Azmi sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:34
Last Modified: 24 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20527

Actions (login required)

View Item View Item