IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS LITERASI DIGITAL DI MI YA BAKII KALISABUK 03 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Farah, Istiqorini (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS LITERASI DIGITAL DI MI YA BAKII KALISABUK 03 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Farah Istiqorini_Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Literasi Digital di MI Ya Bakii Kalisabuk 03 Kecamatan Kesugihan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan literasi digital merupakan kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan menggunakan perangkat digital dalam berbagai aspek yang digunakan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran fiqih merupakan salah satu mata pelajaran di MI Ya Bakii Kalisabuk 03 yang sudah mengimplementasikan kegiatan literasi digital tersebut. Dalam hal ini, guru memiliki peranan sangat penting karena harus bisa membimbing peserta didik dalam mengakses informasi melalui perangkat digital dengan bijak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran fiqih berbasi literasi digital di MI Ya Bakii Kalisabuk 03. Untuk memperoleh informasi yang akurat, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan diperkuat beberapa metode antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan kegiatan pembelajaran fiqih berbasis literasi digital di kelas VA MI Ya Bakii Kalisabuk 03 dilakukan dengan penggunaan media laptop untuk mencari materi Fiqih di internet. Dalam pelaksanaannya, guru memberi arahan cara mencari materi di internet dengan sumber terpercaya. Peserta didik dibuat berkelompok untuk mengatasi keterbatasan media laptop di MI Ya Bakii Kalisabuk 03. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik di kelas VA sudah cukup mahir dan dapat beradaptasi dengan pembelajaran Fiqih berbasis literasi digital ini. Namun ada beberapa hal yang menjadikannya kurang maksimal, seperti pada media perangkat digital yang terkendala jumlah sehingga guru harus membuat siswa berkelompok agar mendapatkan media semua. Belum lagi ada juga beberapa alat penunjang literasi digital seperti proyektor yang dalam keadaan rusak dan belum segera diperbaiki. Kata kunci: implementasi, pembelajaran fiqih, literasi digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: imlementasi, pembelajaran fiqih, literasi digital
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farah Istiqorini
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:20
Last Modified: 25 Jul 2023 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item